Powered By Blogger

Tuesday, December 20, 2016

MENGENAL KARBOHIDRAT : "Good Carb or Bad Carb?"

Selamat Siang semua sahabat sehat dimana pun sobat berada, hari ini saya lagi semangat semangatnya nge-post blog.. Entah darimana ide nya tiba tiba aja banyak topik yang pengen saya bahas, terutama yang berhubungan dengan nutrisi dan kesehatan.

Nah, sesuai dengan judul yang ada, kali ini mari kita membahas mengenai karbohidrat. Tentu sobat sehat sekalian pasti tau karbohidrat itu apa. Hampir setiap hari kita mengkonsumsi karbohidrat (kita singkat saja menjadi karbo yaaa...). Karbo hadir dalam berbagai bentuk makanan, sebut saja nasi, roti, gandung, singkong dll. Meskipun dalam kultur orang Indonesia, karbo sering kali di identikkan dengan nasi.
 

Bagi sebagian dari kita yang sedang berjuang untuk menurunkan berat badan dan atau mempertahankan berat badan, karbo dianggap sebagai sesuatu yang mengerikan sampai-sampai ada yang disebut dengan diet karbo alias pola makan dengan mengurangi (bahkan sebagian menghilangkan sama sekali) kandungan karbo dalam asupan harian. Hal ini sebenar nya bagus bagus saja karena pada kenyataan nya makanan dengan karbohidrat tinggi dapat memicu kegemukan terkait dengan besarnya kalori yang terkandung dalam makanan tersebut.

Namuuunnn... jangan anti sama semua karbohidrat dulu.. Seperti lirik lagu dangdut.. 

"Tidak semua karbohidraaaatt bersalah pada muuu.."

#Aseeekkkk....

Nah, karbo pun tidak semua yang tidak sehat lho sobat sehat..

Karbo sendiri dapat diklasifikasikan menjadi 2 jenis, yakni karbo sederhana dan karbo kompleks atau bisa kita sebut juga karbo jahat (bad Carb) dan karbo baik (good carb).



Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas satu persatu ya seperti di kutip dari berbagai sumber..

#1. KARBOHIDRAT SEDERHANA (Bad Carb)

Apa Itu Karbohidrat Sederhana?



 
 
Pengertian karbohidrat sederhana adalah karbohidrat yang terdiri dari satu atau dua molekul gula. Karbohidrat sederhana adalah sumber energi yang cepat diolah tubuh. Struktur kimia molekulnya lebih sederhana membuat karbohidrat sederhana lebih cepat dicerna tubuh. Karena lebih cepat dicerna tubuh, karbohidrat sederhana dapat meningkatkan kadar glukosa darah seseorang dengan cepat beberapa saat setelah dikonsumsi.Hal ini yang menyebabkan karbo jenis ini disebut bad carb, karena dapat dengan cepat meningkatkan kadar gula dalam darah terutama bagi penderita diabetes. Selain itu, akibat sangat cepat dicerna, bad carb ini dapat segera bertahan di dalam tubuh dan bikin sobat sehat semua gemuk serta sering merasa laparrrr... T_T

Bad Carb memiliki kandungan serat yang sedikit atau tidak mengandung serat. Karena itu Bad Carb tidak efektif untuk proses penyerapan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Semakin tinggi gula dan semakin rendah serat dalam makanan tersebut, maka semakin kecil manfaatnya bagi tubuh.

Dua Kategori Karbohidrat Sederhana
 
Ada dua kategori karbohidrat sederhana yaitu monosakarida dan disakarida. Monosakarida adalah karbohidrat yang hanya terdiri dari satu molekul gula seperti glukosa, fruktosa, dan galaktosa. Disakarida adalah karbohidrat yang terdiri dari dua monosakarida yang berikatan secara kimia seperti sukrosa, maltosa, dan laktosa.

Makanan Sumber Karbohidrat Sederhana
Contoh makanan yang mengandung karbohidrat sederhana antara lain Nasi puih, gula pasir, gula merah, sirup jagung, madu, sirup maple, molasses, selai, jelly, soft drink, permen, produk gandum putih, cake, yogurt, susu, cokelat, buah, jus buah, biskuit, dsb.
 
Buah-buahan dan sayuran sebenarnya karbohidrat buruk (sederhana) karena masih berbasis gula, meskipun mereka sangat berbeda dari makanan lain seperti kue. Serat dalam buah-buahan dan sayuran mengubah cara tubuh memproses gula dan memperlambat proses penyerapannya. Hal tersebutlah yang membuat buah-buahan dan sayuran sedikit lebih seperti karbohidrat baik atau kompleks.
 
Karbohidrat buruk (Bad Carb) ini lah yang harus sobat sehat semua hindari, terutama jika sobat sehat ingin menjaga atau menurunkan berat badan.
 
#2. KARBOHIDRAT KOMPLEKS (Good Carb)
 
Apa Itu Karbohidrat Kompleks?
 
 
 
Pengertian karbohidrat kompleks adalah karbohidrat yang struktur kimianya terdiri dari tiga molekul gula atau lebih yang biasanya saling terikat dalam suatu rantai molekul. Gula ini lebih kaya serat, vitamin, dan mineral. Selain itu,
Karbohidrat yang baik mengandung nutrisi lain seperti protein dan vitamin yang dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Selain itu, karbohidrat yang baik mengandung serat yang dapat mengenyangkan tubuh. Karena molekulnya lebih kompleks, karbohidrat kompleks membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna tubuh. Karena membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna tubuh maka karbohidrat kompleks menyebabkan kenaikan glukosa darah seseorang dengan lebih lambat beberapa saat setelah dikonsumsi jika dibandingkan dengan efek mengkonsumsi karbohidrat sederhana. Karbohidrat jenis ini juga tidak membuat kita sering lapar sehingga menghindari terjadinya penumpukan lemak dalam tubuh akibat cadangan energi yang berlebih. Konsumsi karbohidrat baik dapat meminimalkan risiko kenaikan kadar gula darah, sehingga tidak akan mengakibatkan kenaikan insulin secara drastis. Hal ini tentunya akan menjauhan kita dari risiko penyakit diabetes dan tentunya akan menghindarkan kita dari resiko kegemukan juga. Bagi Sobat sehat yang pengen diet, jenis karbo ini tidak masalah jika di konsumsi.

Dua Kategori Karbohidrat Kompleks
Karbohidrat kompleks dibagi menjadi dua kategori yaitu oligosakarida dan polisakarida. Oligosakarida terdiri dari monosakarida-monosakarida dalam jumlah kecil yang tidak lebih dari 10. Oligosakarida berperan penting dalam penyerapan mineral-mineral tertentu dan pembentukan asam-asam lemak. Polisakarida seringkali terdiri dari monosakarida dan disakarida dalam jumlah besar. Contoh poliskarida adalah selulosa, dekstrin, glikogen dan starch.

Makanan Sumber Karbohidrat Kompleks
Contoh makanan yang mengandung karbohidrat kompleks antara lain pisang, beras cokelat, lentil, oats, kentang, jagung, ubi jalar, kacang polong, labu, apel, asparagus, brokoli, kol, wortel, terong, timun, strawberry, tomat, dsb. 
 
Nah itu tadi penjelasan sederhana mengenai Karbohidrat, hal ini sangat perlu diketahui agar Sobat sehat dapat menentukan pola makan yang sehat dan tentunya akan sangat membantu bagi Sobat sehat yang sedang diet.
 
 
 
Saya doakan semoga Diet nya sukses ya..
 
Dan ingat.. Diet yang baik bukan nya tidak makan ya, tapi mengatur pola makan dengan pola yang sehat dan sesuai takaran.
 
Semoga kita semua tetep sehat dan bersemangat.. Amiinn..
 
See you again di post post berikutnya..
 
Thanks for reading my artikel..
 
Ciaaaooo.... |(^o^)|
 

No comments:

Post a Comment