Powered By Blogger

Tuesday, December 20, 2016

#4 MANFAAT KULIT MENTIMUN YANG HARUS ANDA TAU

Hai Sobat Sehat...

Semoga sehat selalu dan tetap segar..

Kali ini kita akan membahas sayuran Favorit nya para Lalapers alias kamu kamu yang doyan makan lalapan.. Yap, Mentimun..

Hampir di setiap acara lalap melalap.. (bahasa apaan sih >.<) pasti timun akan selalu ada menemani santapan bersama cabe yang pedes.. Namun tahu kah sobat sehat, bahwa sebagian besar dari kita pasti mengupas kulit timun sebelum mengkonsumsinya. Salah satu alasannya adalah rasa kulit timun yang terasa pahit. Yang harus sobat sehat ketahui, kulit mentimun juga sebenarnya memiliki banyak kandungan yang sangat berguna bagi tubuh Lho.

Nah, tanpa ba..bi..bu lagi ayo kita langsung saja kita bahas satu persatu ya..

Berikut Manfaat kulit Mentimun seperti di sadur dari laman okezone.com... 

Cuss cusss.. (--o--)/

#1. Kaya akan serat



Kulit timun kaya akan serat yang tidak larut. Serat tidak larut adalah jenis serat pangan yang tidak larut dalam air, yang berarti jenis serat ini akan melewati saluran pencernaan Anda dengan utuh. Karena tidak langsung diurai, serat tidak larut ampuh untuk membantu melancarkan usus dan saluran pencernaan Anda dengan cara mendorong sisa makanan dan zat-zat yang sudah diolah keluar dari tubuh. Maka, Anda pun jadi lancar buang air besar. Serat tidak larut juga baik untuk meringankan sembelit.
Sementara itu, daging timun mengandung banyak serat larut. Serat larut dibutuhkan tubuh untuk mengikat cairan jadi lebih kental di dalam sistem pencernaan Anda. Anda pun jadi kenyang lebih lama karena perut tidak dibiarkan kosong. Maka, kombinasi serat larut dan tidak larut inilah yang terbaik bagi Anda dan keluarga.

#2. Kandungan vitamin K

Jangan mengupas kulit timun kalau Anda tak mau melewatkan khasiat vitamin K. Vitamin ini mampu memicu produksi protein-protein tertentu yang dibutuhkan tulang Anda agar tetap kuat dan padat. Selain baik untuk tulang, vitamin K juga bisa memperbaiki dan memicu produksi sel-sel baru dalam tubuh. Darah Anda juga memerlukan vitamin K supaya tidak terlalu encer dan untuk mencegah perdarahan. Vitamin ini bisa Anda temukan paling banyak pada kulit timun.

#3. Beta karoten yang tinggi 

Pada kulit timun, terdapat kandungan beta karoten yang tinggi. Beta karoten yang merupakan salah satu jenis vitamin A ini bisa ditemukan pada buah-buahan atau sayur-mayur yang berwarna pekat dan terang. Maka, dibandingkan dengan daging timun yang warnanya pucat, kulit timun lah yang menjadi sumber terbesar beta karoten. Zat ini bagus untuk menjaga kesehatan mata dan indra penglihatan Anda. Selain itu, beta karoten juga dibutuhkan oleh sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus, bakteri, dan kuman penyebab penyakit.

#4. Rendah kalori

Tak perlu merasa bersalah kalau Anda makan banyak timun, misalnya di salad, gado-gado, asinan, atau lalapan. Pasalnya, meski memiliki segudang nutrisi, kulit dan daging timun hanya menawarkan kadar kalori sedikit saja, yaitu 1-2 kalori pada setiap irisan timun. Karena timun juga mengandung banyak air, maka makan timun bisa membuat Anda lebih kenyang tapi tidak banyak kalorinya.

Selain itu, bagi sobat sehat yang ingin membeli mentimun, berikut tips dalam memilih timun yang baik. 



Warna kulit timun yang sehat adalah hijau rumput sampai hijau gelap. Jangan memilih yang terlalu kuning atau terlalu terang warnanya. Perhatikan juga jika kulit timun tampak mengkilat. Besar kemungkinan timun tersebut sudah dilapisi lilin makanan agar tampak lebih bercahaya. Maka, carilah timun yang tampak segar alami. Untuk menghindari risiko pestisida berbahaya, Sobat Sehat juga bisa memilih timun organik.

Perhatikan juga bentuk dan kepadatan timun. Hindari timun yang sudah lembek jika ditekan. Anda juga bisa melihat apakah timun berbentuk proporsional dari ujung atas hingga bawah. Hal ini bisa menjadi acuan untuk menentukan apakah timun Anda rasanya sudah cukup manis. Namun, sebersih dan sebaik apapun timun yang Anda beli, pastikan untuk mencuci bersih timun dengan air matang sebelum dikonsumsi.

Nah sekian dulu info ini.. Semoga berguna bagi sehat semua..

Tetap hidup sehat..

Tetap semangat sehat..

:D

No comments:

Post a Comment