Powered By Blogger

Tuesday, December 20, 2016

#KOPI : FAKTA DAN MITOS

Halo Sobat sehat... Apa kabar?

Kali ini kita akan membahas tentang minuman sejuta umat, apa lagi kalo bukan Kopi.. Yap, kopi merupakan minuman yang sudah mendunia, dipojok mana pun planet ini kamu pasti bisa menemukan yang namanya kopi dan bersyukurlah kita hidup di Indonesia yang notabene merupakan surga nya kopi kelas dunia, ya sebut saja Kopi Aceh Gayo, Kopi Toraja, dll.



Sekilas mengenai sejarah kopi, Sejarah kopi mencatat asal muasal tanaman kopi dari Abyssinia, suatu daerah di Afrika yang saat ini mencakup wilayah negara Etiopia dan Eritrea. Kopi menjadi komoditas komersial setelah dibawa oleh para pedagang Arab ke Yaman. Di jazirah Arab kopi popular sebagai minuman penyegar.

Kopi pertama kali masuk ke Indonesia tahun 1696 dari jenis kopi Arabika. Kopi ini masuk melalui Batavia (sekarang Jakarta) yang dibawa oleh Komandan Pasukan Belanda Adrian Van Ommen dari Malabar - India, yang kemudian ditanam dan dikembangkan di tempat yang sekarang dikenal dengan Pondok Kopi -Jakarta Timur, dengan menggunakan tanah partikelir Kedaung. Sayangnya tanaman ini kemudian mati semua oleh banjir, maka tahun 1699 didatangkan lagi bibit-bibit baru, yang kemudian berkembang di sekitar Jakarta dan Jawa Barat antara lain di Priangan, dan akhirnya menyebar ke berbagai bagian dikepulauan Indonesia seperti Sumatera, Bali, Sulawesi dan Timor.

Baik, itu sekilas sejarah kopi dari dunia hingga ke Indonesia. Intinya sekarang kopi dapat dikatakan sebagai minuman yang paling banyak dikonsumsi di dunia. 

Seiring dengan meningkatnya popularitas kopi di dalam kehidupan manusia muncul pula beragam mitos yang berkaitan dengan kopi. Berikut akan dijelaskan mengenai mitos tentang kopi dan fakta yang sebenarnya seperti dikutip dari laman majalah.ottencoffee.co.id

Cekidot..............>>>>
 
  • Mitos : Ada yang mengatakan bahwa mengkonsumsi kopi dapat menyebabkan sakit kepala.
  • Fakta : Jika anda menyukai kopi maka anda jangan khawatir mengenai mitos yang anda dengar tadi. Hal ini karena faktanya mengkonsumsi kopi tidak akan menyebabkan sakit kepala. Bahkan konsumsi kopi dapat meringankan derita sakit kepala. Untuk sakit kepala sebelah( migrain ) ringan maka anda bisa menyembuhkannya dengan mengkonsumsi secangkir kopi hangat.

  • Mitos : Anak-anak di larang mengkonsumsi kopi karena dapat menyebabkan anak menjadi hiperaktif.
  • Fakta : Apabila anda mengkontrol konsumsi kafein pada anak anda maka tidak akan menyebabkan anak menjadi hiperaktif. Konsumsi kafein pada ukuran normal 40-200mg akan dapat bermanfaat anak-anak tersebut. Manfaat yang akan di dapat antara lain yaitu tambahan energi yang akan berpengaruh pada anak yang tidak mudah cepat lelah dan meningkatkan konsentrasi sehingga mempermudah anak menjawab pertanyaan.

  • Mitos : Mengkonsumsi kopi bagi ibu hamil akan dapat berpengaruh buruk terhadap pertumbuhan janin pada ibu hamil.
  • Fakta : Konsumsi kafein 7,5 cangkir kopi perhari atau sekitar 600 mg memang bisa menunda kehamilan selama setahun. Namun jika anda pada kondisi hamil dan hanya mengkonsumsi kopi tiga cangkir atau 300 mg dalam sehari tidak akan berpengaruh pada janin. Tapi anda harus tetep berkonsultasi kepada dokter karena konsumsi 300mg tidak akan berpengaruh pada janin apabila kondisi janin normal.

  • Mitos : Mengkonsumsi kopi akan dapat mempengaruhi tekanan darah tinggi yang anda alami.
  • Fakta : Mengkonsumsi kopi tidak akan mempengaruhi tekanan darah tinggi yang anda derita.

  • Mitos : Mengkonsumsi kopi dapat menyebabkan bau nafas anda menjadi kurang sedap.
  • Fakta : Dengan mengkonsumsi kopi maka bisa membuat nafas anda menjadi lebih harum dan juga segar. Hal ini karena di dalam kopi terdapat kandungan khusus yang dapat mencegah nafas anda terhindar dari bau tak sedap.

  • Mitos : Konsumsi kopi dapat membuat tubuh menjadi kecanduan.
  • Fakta : Mengkonsumsi kopi dalam takaran wajar tidak akan membuat kita menjadi kecanduan. Namun hal ini bisa terjadi jika konsumsi dalam sehari sekitar 200-300 mg atau sekitar dua hingga tiga gelas dalam sehari.

  • Mitos : Kandungan kafein pada kopi dapat menyebabkan kanker payudara.
  • Fakta : Kandungan kafein pada kopi tidak akan menyebabkan kanker payudara. Hal ini tidak ada hubungannya antara kandungan kafein dengan kanker payudara.

  • Mitos : Kopi tidak baik bagi anda yang sedang melakukan diet.
  • Fakta : Mengkonsumsi kopi saat anda diet akan menekan nafsu makan. Dengan begitu maka diet anda akan berlangsung dengan sukses.

  • Mitos : Kopi dapat menyebabkan penyakit jantung.
  • Fakta : Mengkonsumsi kopi dapat mengurangi resiko penyakit jantung bagi anda yang sehat.

  • Mitos : Mengkonsumsi kopi secara terus menerus dapat menyebabkan pengeroposan tulang.
  • Fakta  : Mengkonsumsi kopi lima cangkir kopi atau setara dengan 100-400 mg perhari tidak akan menggangu pertumbuhan tulang pada remaja atau dewasa.
Nah itu tadi beberapa fakta dan mitos seputar minuman kopi, semoga bermanfaat bagi sobat sehat semua yaa... 

Ciaaaaooo... belaaa... 

Jreng jreng...  /(>.<)/

1 comment: