Powered By Blogger

Tuesday, May 1, 2012

KALO HAUS JANGAN MINUM SODA...!!

Halo Sobat Sehat....!!!!
^o^)/

Apa Kabar??

Tetap sehat.. Tetap cerdas ya...!!! :D

Hari ini kita kembali kembali akan membahas tips menjadi konsumen cerdas, memberikan informasi mengenai produk konsumsi yang sering kita konsumsi sehari-hari baik dampak positif maupun negatif.

Masih berhubungan dengan post sebelumnya yang membahas mengenai bahaya minuman bersoda bagi kesehatan tubuh. Kali ini kita akan membahas dampak minuman soda secara khusus pada dampak dehidrasi bagi tubuh.

Let's Cek-i-Dot..

Sering kali kita melihat iklan minuman bersoda menampilkan beberapa orang yang sedang kepanasan setelah beraktifitas atau berjemur di siang hari, kemudian setelah orang tersebut meminum produk minuman soda dia akan merasakan kesegaran dan bahkan ada yang menggambarkan orang tersebut tersiram air di sekujur tubuh.

Sekarang yang menjadi pertanyaan, apakah minuman bersoda benar-benar menghilangkan rasa haus?
Jika sobat sehat percaya dengan iklan tersebut, berarti sobat sehat telah sukses tertipu, huehehehe



Lho, kok bisa??

Ya iya lah..
oke, saya jelaskan..

Pada post saya sebelumnya kita sudah membahas mengenai dampak minuman bersoda, dan salah satu kandungan yang terdapat dalam minuman bersoda adalah KAFEIN..

Ya, kafein mungkin lebih sobat sehat kenal sebagai kandungan utama dalam kopi. Sobat sehat memang tidak salah, namun yang harus sobat sehat ketahui juga adalah, bukan hanya kopi sumber kafein. Minuman soda juga mengandung kadar kafein yang cukup tinggi yakni 40-100 mg/kaleng.

Lalu, apa hubungannya dengan rasa haus??

Oke.Oke.. Kita lanjutkan..
Kafein adalah senyawa deuritik, yaitu senyawa yang mempengaruhi ekskresi urin. Semakin banyak kadar kafein, maka seseorang akan cenderung mengalami peningkatan eksresi urin dan hal ini tentu saja berpengaruh pada kadar air dalam tubuh sesorang. Kadar kafein yang mencapai 500 mg/hari dapat berbahaya bagi tubuh karena dapat meningkat eksresi urin yang berlebihan sehingga kadar air dalam tubuh pun berkurang drastis dan pada akhirnya menimbulkan dehidrasi.

Oleh karena itu, semakin banyak sobat sehat mengkonsumsi minuman bersoda, yang terjadi bukannya sobat sehat semakin hilang rasa hausnya akan tetapi justru tambah haus karena keluarnya urin semakin banyak juga dan menyebabkan dehidrasi.

nah, kalau haus sebaiknya sobat sehat memilih minum air mineral dan menghindari minuman bersoda. :)

Jadilah konsumen cerdas, manusia sehat..
*salam sehat*

1 comment:

  1. Hahahahaha.. Betul sekali.. Kalo 'minum' yang lain malah bisa dung dalam waktu 9 bulan.. :P

    ReplyDelete