Powered By Blogger

Tuesday, April 17, 2012

Bloopers??? Apa itu??

Belakangan ini film-film berkualitas bagus mulai memasuki bioskop-bioskop. Film-film itu tentu saja memiliki kualitas sinematografi, jalan cerita, dan efek-efek yang luar biasa (terutama untuk film dari luar negeri). Film yang merupakan produksi Luar negeri khususnya dari Amerika emang punya kulaitas yang luar biasa, membuat kita jadi rela merogoh kocek (walaupun koceknya udah hampir bolong..hihihihi) demi memuaskan rasa penasaran kita terhadap film tersebut. tapi jangan salah, sebagus apapun suatu film, tetep aja yang ngebuatnya kan manusia. Apa lagi jika film itu memuat adegan-adegan yang sangat rumit, tentu ada saja kesalahan yang diperbuat.

Nah, trus apa hubungan dengan judulnya?
Kalo ente-ente semua adalah moviewer sejati, anda pasti mengenal istilah ini. Blooper, dapat diterjemahkan sebagai 'mistake scene'. Ato adegan yang memuat kesalahan fatal, sehingga adegan tersebut keliatan boongannya (yah, walopun kita tau kalo itu semua boongan). Kesalahan-kesalahan ini biasanya sudah diminimalisir oleh para 'scene editor'. Tapi ya tetep aja yang namanya manusia pasti bisa khilaf, hehehe
Lagian dalam film-film barat biasanya scene yang mereka bikin sangat rumit loh. Jadi harap maklum aja kalo gak semua kesalahan bisa terlihat.

Trus, kok bisa ya kesalahan itu terjadi??
Nah, seperti yang udah dijelasin di atas, blooper terjadi karena editor nya nggak teliti dalam edit akhir dari secene. Tapi sebenernya, kesalahan ini sering kali disebabkan inkonsistensi dari pengambilan gambar. Maksudnya begini, dalam pembuatan sebuah film (yang terdiri dari banyak secene), dalam pengambilan tiap secene biasanya dilakukan beberapa kali take (pengambilan gambar untuk scene yang sama) agar dapat menghasilkan sudut pandang berbeda. Nah biasanya pada saat take yang pertama dan take yang selanjutnya terjadi inkonsistensi keadaan.
bingung??
yo wesss...
Kita cekidot contohnya...



Naaaahhhh....!!!!
Coba liat baik-baik...
Udah tau apa bedanyya??
yupss...
Bagian kiri mobil pada take pertama penuh dengan penyokan dan goresan, tapi saat kamera mengambil gambar dari sudut berbeda...
Huplaaaaaaaaaaaa....
Mobilnya mulus...mulus...mulus....
huehehehehehee

Nah, selain itu, blooper juga sering terjadi karena ketidakjelian kameramennya dalam pengambilan gambar sehingga orang-orang yang seharusnya gak masuk dalam scene eh, masuk juga..
Lets cekidooootttt....!!!!



jreeeengggg...!!!
Liat yang dibulatin gambarnya????
itu adalah kru Film dari Pirates of Caribean..
hahahahaha
Parah nya, ampe keikut masuk film juga dia.
:D

Nah, udah tau kan?
Jadi ya begitulah.. Sebagus ato seterkenal apapun film, tetep aja ada kesalahannya. :)
Walo pun begitu, lebih baik kita abaikan aja kesalahan itu dan mulai nikmati popcorn ente di depan film..
Sama kayaknya nonton sulap, gak akan seru kalo kita udah tahu rahasia triknya..
hehehehe

Kecuali kalo ente udah pada nonton tuh film, boleh deh cek lagi dan lihat kesalahannya..
kali aja ente berbakat jadi 'scene editor' hehehe
byeeee...

*PS: Next ada blooper dari fil terkenal yang ente-ente pasti udah tau.. See yaaa :D

2 comments: